5 Cara Mengatur Keuangan Untuk Anak Muda

5 Cara Mengatur Keuangan Untuk Anak Muda

Jangan sampai uang pribadi yang tercampur ke dalam bisnis tidak dikembalikan dan malah menyusahkan diri sendiri. Hal terpenting dari cara mengatur keuangan untuk bisnis adalah dengan memisahkan akun pribadi dan akun bisnis. Memisahkan akun pribadi dan akun bisnis akan memudahkan dalam pelacakan arus kas perusahaan. Isu resesi yang melanda Indonesia akibat pandemi COVID-19 semakin marak terdengar. Untuk menghadapinya, kita harus bisa mulai mengatur keuangan dengan baik. Selain harus lebih berhemat, kita juga harus lebih bijak dan cerdas dalam mengelola keuangan.

Tips mengatur keuangan

Mulailah dengan kebutuhan primer seperti sembako, kebutuhan mandi, listrik, PDAM, pulsa, dan kebutuhan utama yang tidak bisa ditunda lalu totalkan seluruhnya. Jadikanlah itu goal supaya anggaran bulan berikutnya tidak melebihi nominal tersebut. Langkah ini akan membuat Anda mengetahui persis alokasi anggaran yang dibutuhkan dan memantau pengeluaran dengan baik.

Misalnya, biaya bulanan kamu Rp3 juta, dana darurat yang dimiliki minimal Rp9 juta. Cara mengatur keuangan yang paling hemat, terutama bagi Sedulur yang sudah berumah tangga, yaitu belanja segala barang dengan harga murah. Terutama barang kebutuhan sehari-hari dan bahan kebutuhan rumah tangga. Sedulur bisa melakukan penghematan dalam cara mengatur keuangan dengan membeli setiap bahan dengan harga murah. Saat ini, di tengah kecanggihan teknologi dan perkembangan dunia digital, internet merupakan kebutuhan utama. Maka dari itu, salah satu cara mengatur keuangan yang baik adalah dengan menggunakan web sesuai kebutuhan dan menggunakannya dengan hemat.

Investasi adalah salah satu teknik mengatur keuangan yang ada agar lebih produktif dalam jangka panjang. Berapa penghasilan yang Parent Pinters miliki saat ini, cobalah sisihkan setidaknya 10 persen untuk investasi. Berhutang memang menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan atau memiliki sesuatu, misalnya untuk membeli rumah, memiliki kendaraan, mengembangkan bisnis, atau untuk kebutuhan mendesak. Pasalnya, hal ini gampang gampang sulit untuk dilakukan karena terdapat saran dan teori yang bisa dilakukan, namun, masih banyak masyarakat yang belum bisa menjalankan dengan baik. Saat ini sudah banyak pakar keuangan atau monetary planner yang bisa membantu kamu dalam mengatur keuangan, masalahnya kamu mau atau tidak untuk mematuhi saran dari orang tersebut.

Cara mengatur keuangan pribadi yang satu ini terbukti efektif untuk memisahkan antara tiap pos pengeluaran yang sudah Anda buat. Dengan pemisahan rekening, Anda juga bisa membatasi besaran nilai yang dapat Anda gunakan dan mana yang tidak boleh utak-atik. Kondisi kirisis saat ini, tidak sedikit karyawan yang mengalami unpaid leave hingga lay off, yang berdampak pada hilangnya pemasukan.

Anggap saja langkah ini merupakan bagian dari skala prioritas jangka panjang demi terhindar dari stres sekaligus memiliki perencanaan finansial yang lebih matang. Oleh karenanya, lakukan pengelolaan keuangan usaha kamu semaksimal mungkin dengan membuat pembukuan yang baik, karena hal ini merupakan hal yang sangat menentukan kelancaran usaha kamu. Caranya yaitu dengan mencatat anggaran pengeluaran rutin dan pendapatan yang diperoleh. Oleh karena itu, penting untuk mengatur keuangan usaha dengan keuangan pribadi, dengan menyusun pembukuan yang benar agar semua tercatat dengan baik.

“Kalau perlu, bisa lebih frontal dengan menghilangkan pos-pos yang biasa kita gunakan untuk memanjakan diri, seperti pos belanja pakaian, hingga pos jalan-jalan ke mal,” kata dia. Kedua, tradisi berbelanja jelang Lebaran tidak banyak berubah di tengah situasi pandemi tahun ini. Bukan sekedar belanja pakaian, kue-kue ringan juga masuk daftar berbelanja di hari raya.

Sayangnya, bahkan pelaku UMKM tidak jarang kebingungan harus mulai dari mana. Kesannya sederhana, tapi sebenarnya ini hal yang mendasar dan Slot Online Terpercaya menentukan keberhasilan UMKM nantinya. Selain itu, THR juga bisa kita manfaatkan untuk berdonasi supaya menambah berkah di hari raya ini.

Comments are closed.