7 Pekerjaan Sampingan Anak Sma, Bisa Sambil Rebahan!

7 Pekerjaan Sampingan Anak Sma, Bisa Sambil Rebahan!

Pilih orang yang cukup berpengalaman dan berdedikasi tinggi, sebab kamu akan membutuhkannya dalam waktu lama. Jangan lupa juga, hitung price range yang harus dikeluarkan nantinya untuk membayar gaji mereka. Ketika bisnis semakin berkembang, semua urusan tak mungkin kamu deal with seorang diri lagi. Apalagi kalau bisnismu sudah meranmbah ke toko-toko offline, jelas sulit untuk “jaga gawang” di saat kamu diwajibkan bekerja full time. Kamu tinggal memanfaatkan social media untuk memasarkan produkmu sampai laku terjual.

Jumlah service provider,baik yang on-line maupun yang offline, terus bertambah banyak. Ide untuk membuat aplikasi yang memudahkan orang memenuhi kebutuhan hidup itu adalah ide kakaknya. Namun, ide itu tidak segera diwujudkan karena mereka kekurangan dana.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk weblog dengan niche teknologi & digital advertising lebih dari four tahun. Selama belajar berdagang, Bong kerap mendapat cemooh dan sindiran dari teman- temannya. Saat teman- temannya menikmati hidup, ia harus memutar otak untuk menyelesaikan masalah ekonomi keluarganya.

Dan dari situ lah kemudian saya bisa beli buku, bisa beli sepatu, bisa beli kelereng. Itu berlanjut terus sampai dengan SMP, saya SMP pun, karena memang kondisi orang tua yang susah, akhirnya saya pernah jadi kondektur angkot. Terus pernah jadi kingkong games helper excavator dari kontraktor, itu pernah. Berasal dari keluarga miskin tak serta-merta membuat Bahlil Lahadalia menyerah terhadap hidup. Bahlil yang benar-benar mengawali karir dari titik nol kini telah menjadi seorang pengusaha sukses.

Sering kali seseorang pegawai yang membangun bisnis sambil bekerja akhirnya pun mendapatkan keuntungan yang melebihi pendapatan mereka dari tempat bekerja, sangat menarik, bukan? Mungkin karena inilah banyak pegawai yang mulai memikirkan untuk mendirikan sebuah usaha di samping bekerja sebagai karyawan. Keinginan Nugroho untuk mendalami bidang wirausaha terlihat sejak ia memulai bisnis jual beli burung hias dan keripik pedas yang dijajakan di kelasnya. Berbeda dengan dua bisnis sebelumnya, kini Nugroho lebih tertarik dengan bisnis dari bidang otomotif, yaitu jual beli dan reparasi velg. Setelah melakukan riset ringan melalui beberapa platform marketplace dan media sosial, Nugroho akhirnya memantapkan diri menggunakan tabungannya selama ini untuk memulai bisnis velg. Setiap gerai memiliki dua karyawan dan menghasilkan omzet tak kurang dari Rp 6 juta.

Jangan lupa juga untuk berjejaring dengan para pebisnis yang berpengalaman untuk menjadi mentormu, mereka pasti mau berbagi kiat-kiat suksesnya padamu. Bimbingan-bimbingan seperti ini akan membuatmu mengerti risiko dan peluang bisnis. Memulai usaha sejak kamu masih duduk di bangku kuliah justru memberikan banyak keuntungan. Kamu bisa berdiskusi dengan dosenmu untuk membantu mengembangkan bisnismu atau mencari tim bisnis dari kelompok kuliahmu. Selain itu, menumbuhkan bisnis kecil-kecilan saat kuliah dapat membantumu memiliki pekerjaan pasti setelah lulus nanti.

Leave a Reply